Minggu, 10 Juni 2012

- Desain Grafis : Membuat Kobaran bola api

Bosan dengan Tutorial Membuat Api dengan brush yang kurang realistic??? Mau yang tampak seperti nyata??? Kemaren saya mikir dikit, gimanya caranya biar bisa bikin bola api yang tampak nyata dan tidak menggunakan brush, akhirnya dapet ide deh. Kali ini mas Fariz akan sharing tentang cara membuat bola api di tangan tampak realistic. Ori loh ide sendiri, hehe. Langsung saja tanpa banyak basa-basi, ni caranya :

1. Yang pertama dan paling pertama yaitu buka program photoshop sobat sekalian
2. Trus, buka gambar yang mau di kasi bola api, saya memakai foto saya sendiri, hehe
foto api realistic
3. Setelah itu, gunakan “Magnetic Lasso Tool” atau pencet “L” , arahkan pada area object yang akan diseleksi, setelah itu tekan Inverse (untuk membalik seleksi) = CTRL + Shift + I
foto api realistic

4. Seleksi bagian background, dan delete saja. Dan untuk memperhalus pojok-pojoknya gunakan “Blur Tool” atau pencet “B”
foto api realistic

5. Nah, sekarang beri effect pencahayaan, supaya terihat seperti terkena cahaya api gitu loh. Gunakan “Filter>Render>Lighting Effects…” dan atur seperti yang ada dalam gambar di bawah… lalu “OK”
foto api realistic

6. Nah, sudah terlihat terang cahaya api kan??? Sekarang adalah cara yang di tunggu-tunggu. Membuat bola api. Caranya, buat layer baru atur “Foreground Color” menjadi #ff6coo dan buat lingkaran di posisi yang di tentukan dengan menggunakan “Ellipse tool” atau pencet “U” dan setelah itu klik kanan pada layer tempat bola tersebut dan klik “Rasterize Layer”
foto api realistic

7. Trus seleksi lingkaran tersebut dan ikuti langkah berikut “Select>Modify>Feather” atau pencet “Alt+Ctrl+D” lalu atur value nya menjadi “20”. Lalu tekan “OK” setelah itu “Delete”
foto api realistic

8. beri brush pada sekeliling lingkaran tersebut dengan “Opacity” 34%
foto api realistic

9. Nah bolanya uda jadi, sekarang silahkan buka gambar apinya, saya ambil dari api unggun seperti di bawah ini,
bisa Save as gambar di bawah ini untuk latihan
foto api realistic

10. Setelah di buka, sobat sekalian seleksi api tersebut dengan menggunakan “Select > Color Range…” dan geser “Fuzziness”nya hingga mendapatkan bentuk yang sesuai dengan apa yang di inginkan. Lalu klik “OK”
foto api realistic

11. Setelah terseleksi, lakukan langkah berikut “Select > Modify > Feather” atau pencet “Alt+Ctrl+D” dang anti valuenya menjadi “10”
foto api realistic

12. Nah setelah itu drag hasil selection tadi ke project yang sebelumnya alias foto yang mau di kasi bola api. Atau bisa gunakan “Ctrl+C” dan pastekan di layer foto yang mau di edit.
foto api realistic

13. Seteah itu geser api tersebut tepat di atas bolanya. Untuk penghalusan, gunakan eraser brush di bagian yang kasar dan mencolok
foto api realistic

14. Selanjutnya gunakan “Smudge Tool” untuk memperhalus dan menarik gambar apinya sehingga terlihat seperti sedang membakar dan melilit bolanya.
foto api realistic
Hasilnya:
foto api realistic
Nah, mudah bukan. Untuk effect-effect yang lain juga bisa digunakan agar hasilnya menjadi lebih baik dan lebih realistic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berilah komentar yang bersifat membangun, apabila komentar anda bersifat tidak baik maka komentar anda akan di hapus.